Background

Mobil Sport Maserati Alfieri Siap Diproduksi

Maserati Alfieri siap diproduksi 2016


Produsen mobil Maserati memastikan akan memproduksi mobil konsep Alfieri pada 2016. Maserati Alfieri pertama kali dipamerkan dalam ajang Geneva Motor Show 2014, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-100 produsen mobil asal Italia tersebut.
Alfieri diambil dari nama salah satu Maserati bersaudara, yang mendirikan perusahaan Maserati pada 1914 - meskipun hingga saat ini masih belum jelas apakah nama tersebut akan digunakan untuk versi yang akan diproduksi pada 2016. Ketika Alfieri versi konsep pertama kali dipamerkan, Maserati mengatakan: “Alfieri memiliki proporsi yang mungkin akan menjadi pola dasar bagi Gran Sport masa depan,” nama yang sudah digunakan Maserati sebelumnya.
Apa pun namanya, mobil ini tidak akan menggantikan posisi Maserati Gran Turismo, karena Maserati juga mengungkapkan bahwa Gran Turismo generasi baru akan dirilis pada 2018. Namun, desain Alfieri akan menjadi dasar dari model baru yang lebih mungil dan sporty tersebut, yang kemungkinan ditujukan untuk menyaingi Jaguar F-Type.
 Alfieri Concept dirancang berdasarkan versi mungil layout transaxle Gran Turismo, namun Alfieri versi siap produksi akan memiliki struktur dasar Ghibli dan Quattroporte.

 Maserati kemungkinan akan memproduksi Alfieri dengan sistem kemudi roda belakang - namun kemungkinan juga dengan sistem 4WD. Trik yang tentunya tidak dapat dilakukan sebagian besar mobil-mobil kelas Jaguar F-Type (meskipun tidak demikian dengan Porsche 911).

 Alfieri Concept juga menggunakan mesin V8 4,7 liter seperti yang ada di Gran Turismo - namun Alfieri versi siap produksi akan dilengkapi dengan mesin twin-turbo V6 3,0 liter, dengan daya mulai dari 400hp hingga lebih dari 500hp.

 Alfieri kemungkinan akan mampu menempuh kecepatan 0-100km/jam hanya dalam waktu 4,5 detik dan memiliki kecepatan puncak 289,7km/jam.

 Alfieri Concept memiliki desain seperti Maserati Centro Stile, dan memiliki sentuhan beberapa Maserati model klasik meskipun tampilannya jauh dari kata kuno. Mobil ini mendapat sambutan meriah di Geneva Motor Show 2014, jadi kami memperkirakan Afieri versi siap produksi hanya memiliki sedikit perubahan dari segi desain.

 Maserati model-model klasik yang memengaruhi desain Alfieri antara lain GT 3500 1957, GT 5000 1959, Indy 1969 dan A6 GCS-53 1954.

Namun berbeda dari A6, Alfieri memiliki empat kursi (2+2 seater) - yang berarti mobil ini dapat mengangkut empat orang jika dua orang di kursi belakang cukup ramping. Alfieri siap produksi kemungkinan akan memiliki interior yang lebih konvensional dibandingkan Alfieri Concept, namun memiliki pesona khas Maserati.

Categories: Share

Leave a Reply